Oleh-oleh dari Ruteng

....Neka rabo (maaf) kali bukan kompiang, kue yang terkenal se-NTT itu...bukan juga kopi hitam atau Labu, biasanya ini yang di tanyakan....kali ini lebih kepada pengalaman yang cukup mengesankan buat saya.
Saya bilang berkesan karena sampai beberapa haripun saya masih memikirkannya....(buset..kok kedengaran kayak lagu? )

1. Pergi ke salah satu swalayan di pagi hari....upps, terlalu pagi, jadi mesti nunggu, dan jam 09.00 pagi, swalayan buka dan kita pun melihat-lihat. Ada beberapa pelayan yang sedang mengatur-ngatur barang di bagian kosmestik, dengan gincu seterang mentari dan make up tebal nan cantik....dengan bau badan se-antero jagat dan membuat saya hampir jack pot pagi-pagi....ampun deh enu, itu produk sejenis rexona dan sebagainya kan ada depan mata...apa gak bisa di pakai gitu....iya, ruteng dingin tapi kalo gak bisa mandi tapi paling tidak jangan bikin pengunjung sampe pucat memang belanja kaa....

2. Kalau di perhatikan (sayang, gak ada foto) , rambu-rambu lalu lintas di ruteng banyak sekali, which is good, tapi sebentar dulu, ada tanda larang tanpa sign tambahan di bawahnya yang membuat kita tidak bisa lewat, tapi coba parkir sebentar, banyak sekali kendaraan yang tanpa rasa berdosa sama sekali lewat saja. Dan kita yang sudah lama tidak pernah berlama-lama di ruteng hanya bisa ternganga....tau gitu, dari tadi saya lewat situ...:P

3. Hati-hati kalau nyebrang. Kalau kita kasih tanda untuk kendaraan biar agak pelan atau turunkan kecepatan karna zebra cross jarang, bisa - bisa kendaraannya tambah kencang. Jadi kalau di tempat lain, orang kurangi kecepatan begitu kita kasih sign pake tangan, di ruteng artinya tambah kencang....

4. Naik Travel ke Labuan Bajo, duduk di depan biar tidak jack pot, maklum, mabuk darat...:) , sopir jalan sambil telpon penumpang, dan tidak pake headset. Oh iya, di Flores, sopirnya jago-jago...sudah biasa sambil telpon, sms, mungkin bisa sambil makan mie ayam pake sumpit kalo di tantangin (gak ding, yang terakhir itu becanda). terus...ada penumpang yang batal berangkat karna mobil sudah sampe terminal mena, si tanta baru kasitau lokasi tempat jemput dan si sopir minta pake ojek, si tanta tidak mau. And guess what? Sebelum tutup telpon si sopir dengan nada tanpa becanda sama sekali bilang : " tanta, kalo sudah muka jelek ka, jangan tipu-tipu lagi...". Saya pikir dia becanda, dan saya dengan muka idiot mencoba mencari senyum di wajahnya...tapi tidak ada! Saya mencoba bertanya, om kenal sama itu tanta? Sopir jawab, tidak! tapi tadi dia yang pesan oto di depan sentosa raya tadi....mulut saya jadi benar-benar menganga dengan tampang gak jelas....

5. Di dalam mobil ada penumpang yang menurut saya cantik sekali. Orang manado katanya. Mulutnya super kotor. Katanya dia jualan RW entah dimana. Dan lagi dalam perjalanan mencari anjing karena di ruteng anjing mahal. Sepanjang jalan saya pikir semua penumpang laki-laki jadi "telanjang" semua, hanya karna si sopir salah pasang musik lagu hip hop tentang perempuan pantat bensin. Entah kenapa si nona cantik mulai sumpah serapah sepanjang jalan, dan sayapun tak jadi pusing, boro-boro mual! Enak sekali rasanya mendengar bahasa manggarai campur bahasa indonesia dengan logat manado dan caci maki. buset nih cewek, kalau di Amerika bisa saingan sama eminem dia, caci maki-nya enak di dengar, walaupun sopir dan penumpang lain, jadi sedikit "demam"...
Sampai di Golo Menes, si nona cantik tersebut turun dan gantian sopir semua penumpang laki-laki yang sumpah serapah..."dasar perempuan pub..cewek cafe...bla..bla...bla...dan sekarang gantian saya yang perempuan yang panas dingin....

Untung perjalanan  malam itu cepat berakhir karna saya akhirnya tiba di Labuan Bajo dan bisa tidur pulas....
Have a lopely day all....

Komentar