Untung Mandiri (bukan Bank)


Untung terlatih mandiri, kebayang kalau tidak....

Thank you Mr.Jack yang tinggalkan saya pada saat saya baru saja mulai kuliah, terima kasih mama Gina yang dia pikir saya punya mental baja, (padahal jantung imut2 dan penakut kelas berat) dan 14 kakak dan adik sedarah yang super hebat....yup, kami 15 bersaudara, kalau mau maen volley bisa ada pemain cadangan dan wasit, kalau maen bola kaki, lengkap 1 team plus suporter dan pelatih. Walau harus berjibaku di pagi hari kalau ada orang yang berlama-lama di kamar mandi yang cuma 2 untuk pergi kesekolah, dan hampir selalu dapat warisan baju dan sepatu, tapi Tuhan yang maha adil itu akhirnya memberi saya postur tubuh yang lebih tinggi dari kakak-kakak sehingga pas ABG sudah tidak dapat baju warisan lagi, alias punya yang baru.

Untung terlatih mandiri waktu mau masuk kuliah membual ke bos tentang cita-cita jadi hakim atau pengacara dan minta bos bayarin uang masuk kuliah dengan cara berhutang dan potong gaji. Saya punya mimpi dan saya akan lakukan apapun untuk mewujudkannya, dengan cara halal! Walau harus sempat numpang tinggal di Sekret Mapala karna tak sanggup bayar kost dan makan ikan dari kolam kampus buat perbaikan gizi bareng Mace Polo....

Untung terlatih mandiri jadi waktu bapak meninggal dan saya sama sekali tidak tahu sampai satu bulan berikutnya pulang rumah dan mendapati fotonya sudah di kasih bunga dan lilin, mengangkat kepala dan janji ke diri sendiri kalau saya harus kuat karena sayalah yang akan menopang anak, mama dan ke-3 adik saya nanti, tentunya dengan support dari ke 11 kakak saya dengan cara mereka masing-masing.

Untung terlatih mandiri jadi waktu hamil karena kenakalan remaja gak lantas coba aborsi dan balek ke rumah dengan perut gendut tapi bertahan di kos-kosan sampai melahirkan dan bekerja keras bayarin kuliah dan menghidupi anak. Saya buat kesalahan saya tanggung akibatnya. Dan saya tetap akan lanjutkan kuliah, saya akan selesaikan apa yang saya mulai. Saya jatuh, saya bangun lagi, sampai nasib capek mempermainkan saya!

Untung terlatih mandiri sehingga walau harus kerja di 2 tempat untuk bayarin semester terakhir di kampus tapi selesai juga kuliahnya gak lewat 4 tahun.

Untung terlatih mandiri jadi gak ada waktu untuk menangisi nasib yang kadang kejamnya tak terkira, membuat banyak bekas luka dari ujung kepala sampai telapak kaki, dan pede tingkat dewa tetap berani menatap dunia dengan kepala tegak.

Dan untuk anakku tercinta Avilla M. G. Ndapa, jadilah lelaki yang tegar dan kuat....tatap dunia tanpa rasa gentar.
Kita terlahir dengan sayap kenapa memilih untuk merayap, berani bermimpi dan gapai dengan kerja keras. gedorlah pintu Surga dan Tuhan akan berikan apapun yang kau inginkan.

Labuan bajo
October 24 2013
Selamat Ulang Tahun yang Ke-30 Arnoldus uding...Dimanapun kau berada.
Kita petarung....kita Menang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Oleh-oleh dari Ruteng